Memainkan PS2 di linux

Sebelum anda memainkan PS2 di linux, perlu diperhatikan bahwa ini adalah emulator yang berusaha meniru cara kerja hardware PS2. Jadi disarankan anda memiliki hardware yang support, direkomendasikan menggunakan CPU dengan clock 2 GHz dan ram 2 GB dengan video card NVidia minimal GeForce. Jika tidak memiliki hardware tersebut, game tidak akan berjalan semestinya.
.
Di linux kita dapat menginstall PCSX2 dengan beberapa cara :
1. Binary package dari distro
2. Binary package dari situs PCSX2
3. Source code dari situs PCSX2
4. SVN trunk
Untuk opsi pertama tidak dapat dilakukan karena pada portage gentoo tidak ada, sedangkan opsi kedua tidak bisa juga karena plugin untuk linux tidak ada, opsi ketiga juga mengalami masalah dengan GCC 4.6 ketika meng-compile ZeroGS yang ternyata itu adalah bug dari PCSX2. 

error ketika compile ZeroGS

Akhirnya saya gunakan SVN trunk, SVN adalah metode untuk mendevelop aplikasi dengan cara mensinkronkan file di server dengan komputer. Sehingga setiap perubahan akan segera diupdate dan setiap perubahan akan tercatat. Bagi para programmer yang bekerja bersama ini sangat membantu. Ketika menggunakan SVN maka saya menggunakan source code terbaru dari PCSX2, dan di dunia Linux "baru belum tentu lebih baik". Seandainya ada opsi lain tentu saya lebih memilih stable version dibanding SVN, tapi karena tak ada pilihan lain maka saya ambil saja.
Pertama kita fetch dulu menggunakan terminal dan aplkasi SVN, kalau belum ada bisa diinstall dulu sesuai distro anda, kalau menggunakan portage cukup emerge svn.
Buat folder dengan nama build lalu cd build jalankan svn checkout http://pcsx2.googlecode.com/svn/trunk/
 
fetching source code

Tunggu hingga selesai melakukan fetching dari server svn. Setelah itu cukup jalankan cmake . untuk membuat makefile, baca warning yang muncul dan kekurangan dependency apa saja yang harus dilengkapi. Setelah itu jalankan make dan make install maka PCSX2 selesai di compile. Hasil compile akan terletak pada folder bin dan untuk menjalankannya cukup ketik ./bin/pcsx2 . 

pcsx2 menjalankan FFX

Dapat terlihat bahwa FPS hanya berkisar 8 - 10, mungkin kalau menggunakan video card NVidia bisa lebih baik. semoga bermanfaat untuk pembaca EAX Games semua.

No comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More