Cara Flash VGA Dengan NiBiTor

Hmmm,, pada era cuaca extreme ini semua di tuntut untuk bekerja lebih cepat. Menurut ahli psikologi dan geofisika, setiap atau sesuatu yang lambat akan menjadi masalah (opo iyo???)
Pernahkah saudara merasa PC saudara terasa lebih lama "Lemot"....?

Kali ini saya akan membagikan ilmu yang mungkin bermanfaat untuk diri saya sendiri dan juga orang lain.

Hmmmm..... cara-cara memflash BIOS vga card,,,, mungkin hal ini tidak asing lagi bagi para pecinta BIOS, hahha.

Hal-hal utama yang harus di lakukan atau dipersiapkan adalah sebagai berikut :

Pastiakan sirkulasi pendinginan PC anda dalam keadaan baik dan sehat
Jika perlu bersihkan PC anda dari serpihan serpihan debu dan sampah (kalau ada)
Pastikan keadaan anda baik dan sehat serta siapkan mental untuk mengambil segala resiko.
Cek stabilitas komputer anda dengan cara benchmark dengan software 
SiSoftware Sandra (jika anda sudah yakin stabil, tidak usah menggunakan software ini)
Pastikan temperature suhu vga anda mencapai batas yang sehat <70 derajat, untuk melihat info dari vga card anda dapat digunakan software GPU-Z.
Untuk VGA yang akan di OC pastikan minimal GeForce 5 FX.
Siapkan software-software yang dibutuhkan.

Let's begin,,,,


Langkah 1


  • Siapkan Flashdisk/removeable disk minimal 512MB (mash ada gk tuh) klo tidak ada pakai yang 1Gb,2GB,4GB,8GB,16GB,32GB,.....
  • Download software USB boot yang dapat anda download disini.(sotware ini akan membuat boot disk melalui USB flashdisk)
  • Lalu download file sistem agar masuk ke DOS download file sistem DOS disini.
  • Selanjutnya Download software NiBiTor (software untuk mengedit BIOS vga).
  • Dan hal yang paling penting adalah software nvflash (untuk membaca file *.rom ke EEPROM yang ada di BIOS vga).

Baiklah,, Lanjutt..... Yang pertama di lakukan adalah install USB boot yang sudah di download. Lalu extrak file sistem DOS yang sudah di download tadi dimana saja (asal jangan di recycle bin). Colokkan USB Flasdisk anda pada tempatnya. Kemudian Jalankan USB boot.
Format Flashdisk dengan menggunakan USB boot dan memasukan filesistem DOS di dalamnya.


Selanjutnya klik Start untuk memformat flashdisk dan memasukan file DOS ke dalam Flashdisk.

Kemudian extrak dan copy file "nvflash" ke dalam flashdisk yang sudah di format tadi.
Setelah itu reboot komputer anda, booting melalui flashdisk/removeable disk.
Lalu jalankan program nvflashnya dengan cara mengetikan "nvflash -f" lalu backup BIOS vga anda dengan cara mengetikkan "nvflash -b namafile.rom" contoh: nvflash -b oldbios.rom, atau juga bisa dengan mengetikkan "nvflash --save namafile.rom" contoh : nvflash --save oldbios.rom.



Langkah 2

Gunakan NiBiTor untuk mengubah core, memory, dll.. dengan cara membuka file *.rom yang tadi sudah di backup dengan nvflash.

  • Setelah yakin dalam mengisi semua core, shader, dan memory, save bios dengan nama lain seperti barubios.rom (file > save bios > OK)
  • Sesudah di flash, kembali reboot kompter anda dan booting melalui USB flashdisk.
  • Dan sentuhan yang terakhir adalah memflash bios yang sudah di edit dengan menggunakan perintah "nvflash (namafile.rom)" comtoh: nvfalsh barubios.rom. (tunggu beberapa saat dan binggoo....) flash bios berhasil.

Untuk memastikan vga anda bekerja dengan baik, tes dangan 3D Mark atau software lainnya seperti ATI Tool untuk melihat hasil perubahan (sebaiknya di test sebelum dan sesudah flash BIOS vga).

Terima kasih bagi para pembaca, selebihnya alhamdulillah bila ada kekurangan mohon maaf.

1 comment:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    ReplyDelete

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More